Cari Artikel di Sini

Bagaimana Supaya Subur & Cepat Hamil: Memahami Tanda Kesuburan Anda

Tubuh Anda mengirimkan sinyal kesuburan Anda setiap hari. Belajar membaca mereka, dan Anda bisa hamil cepat, dan mungkin bahkan memilih jenis kelamin bayi Anda! Ada tiga metode prediksi kesuburan: mengevaluasi lendir leher rahim, charting suhu tubuh basal, dan memeriksa leher rahim Anda. Dengan sedikit pengetahuan, Anda dapat merencanakan kehamilan berikutnya dan mencapai tujuan kesuburan Anda.

Meskipun Anda mungkin tidak menyadari, tubuh Anda mengirimkan sinyal kesuburan penting setiap hari. Bila Anda belajar untuk membacanya, Anda dapat mencapai kehamilan lebih cepat dan mudah, dan juga belajar untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan!

Meskipun laki-laki subur setiap hari dalam hidup mereka dan dapat menghasilkan triliunan sperma dalam seumur hidup, wanita yang lahir dengan setiap sel telur mereka pernah akan memiliki, dan melepaskan hanya sekitar 400 sel telur selama bertahun-tahun usia subur mereka. Umumnya, hanya satu sel telur yang matang dilepaskan setiap bulan. Itu diam, menunggu untuk bertemu dengan sel sperma, hanya satu sampai dua hari sebelum meninggal dunia. Kunci untuk mencapai kehamilan adalah hubungan sperma saat itu seperti bersatu dengan telur pada hari yang paling subur.

Ada dua metode memprediksi hari Anda yang paling subur: mengevaluasi lendir leher rahim Anda, dengan suhu tubuh basal anda.

Metode # 1: Mengevaluasi Lendir Serviks Anda

Bagi kebanyakan wanita, mengevaluasi lendir serviks merupakan cara termudah dan paling akurat untuk mendeteksi kesuburan. Hal ini tidak memerlukan pensil, kertas, atau teknik invasif, tetapi hanya suatu kesadaran yang meningkat dari perubahan bulanan yang biasanya Anda abaikan.

Sebelum pelepasan telur (tidak peduli apa sikap saat pribadi Anda tentang prestasi kehamilan), tubuh Anda mulai mempersiapkan diri untuk menyambut sel sperma dengan menciptakan lingkungan yang ramah untuk kelangsungan hidup mereka. Ini melibatkan memproduksi zat yang disebut lendir leher rahim (atau “cairan serviks” ), yang memelihara sel-sel sperma dan membantu mereka melakukan perjalanan ke telur.

Anda mungkin telah memperhatikan lendir serviks ini subur berkualitas di beberapa titik. Hal ini licin, elastis, dan jelas seperti putih telur. Mungkin muncul dalam pakaian Anda, di toilet, atau di atas kertas toilet ketika Anda pergi ke kamar mandi. Anda mungkin salah dengan pelumasan yang muncul selama gairah seksual. Hal ini mudah dilakukan, karena keduanya jelas dan basah. Namun, lendir leher rahim subur dapat dibedakan karena lebih tebal, terjadi bulanan dan terpisah dari gairah seksual, dan tidak mudah larut dalam air. Dalam air, cairan gairah akan larut, tetapi lendir serviks akan berbentu bola dgn massa kecil dan tenggelam.

Cairan serviks juga sulit untuk dibedakan dari air mani. Untuk alasan ini, sampai sekitar satu hari setelah hubungan intim, Anda harus mencermati setiap lendir serviks Anda.

Di masa lalu, Anda juga mungkin telah keliru cairan rahim subur dengan infeksi vagina lainnya. Bahkan, beberapa wanita bahkan mungkin pergi ke dokter atau membeli obat perawatan dengan asumsi yang salah bahwa cairan ini tidak normal! Anda dapat menyimpan ketidaknyamanan diri sendiri, waktu, dan uang dengan membiasakan diri dengan tanda-tanda normal siklus kesuburan Anda.

Metode # 2: Mengambil Suhu Tubuh Basal Anda

Mungkin yang paling terkenal metode prediksi kesuburan, dan tentu saja yang paling mudah adalah pengukuran harian suhu tubuh basal. Meskipun dokter mengatakan hal itu mungkin kurang dapat diandalkan dibandingkan pengamatan lendir leher rahim, dianjurkan bahwa kedua metode yang digunakan bersama untuk efektivitas maksimum.

Sebelum ovulasi, seorang wanita, suhu tubuh basal AOS umumnya lebih rendah. Hari ke hari suhu bervariasi, namun tetap dalam kisaran relatif rendah. Setelah ovulasi terjadi, seorang wanita, suhu AOS naik tiba-tiba, atau, Äúspikes., Äù Setelah itu, suhu tetap tinggi sampai awal siklus berikutnya. Untuk hamil, seks harus terjadi segera sebelum lonjakan suhu yang diamati, pada saat paling subur. (Tidak seperti metode lendir serviks, metode suhu basal tubuh tidak bisa memprediksi kesuburan yang akan datang ini lonjakan suhu terlihat setelah ovulasi telah terjadi,. Jadi jika Anda menunggu untuk melakukan hubungan intim sampai Anda melihat kenaikan suhu, Anda mungkin terlalu terlambat. Namun , jika Anda menggunakan metode ini untuk chart beberapa siklus, Anda mungkin menemukan bahwa mereka adalah biasa, dan bahwa Anda dapat memprediksi berapa hari dalam siklus Anda Anda biasanya ovulasi.)

Metode suhu basal tubuh membutuhkan usaha sedikit lebih dan cukup aturan lagi, tapi setelah Anda memahaminya, hanya memakan waktu kurang dari lima menit dari waktu Anda per hari. Selain itu, Anda akan perlu untuk mendapatkan atau membuat grafik untuk merekam suhu harian Anda. Grafik ini dapat ditemukan bebas dengan melakukan pencarian online, atau mereka dapat difotokopi dari buku. Bila mengambil foto dan merekam suhu Anda, ada seperangkat pedoman Anda harus mengikuti:

* Ambil hal suhu pertama Anda setiap pagi, sebelum turun dari tempat tidur atau melakukan hal lain. Jika Anda menggunakan termometer raksa, kocok turun malam sebelumnya dan meletakkannya di meja Anda. (Sambil bawah termometer di pagi hari dapat meningkatkan suhu tubuh Anda.)
* Gunakan termometer khusus untuk suhu tubuh basal. Ini dapat ditemukan di toko obat apapun. termometer yang dibuat untuk mendeteksi demam mungkin tidak cukup sensitif.
* Ambil suhu anda baik secara lisan atau vagina, tapi pastikan untuk menggunakan rute yang sama setiap waktu. Jangan gunakan termometer telinga, karena kurang akurat.
* Cobalah untuk mengambil suhu Anda pada waktu yang sama setiap hari. Jika Anda tidur, suhu Anda akan cenderung naik sekitar sepersepuluh dari normal Anda.
* Ambil suhu Anda setelah setidaknya tiga jam tidur. Jika Anda keluar dari tempat tidur satu jam sebelum alarm berbunyi Anda di pagi hari untuk menggunakan kamar mandi, suhu palsu yang akan muncul. Lebih baik untuk merekam suhu Anda sedikit lebih awal, jika perlu, daripada untuk memeriksa setelah bangun.
* Membuat titik atau lingkaran untuk temperatur Anda setiap hari, dan menghubungkan titik-titik dengan garis, sehingga Anda dapat melihat pola.
* Jika Anda berpikir suatu hari, suhu AOS mungkin palsu karena perbedaan dalam waktu bangun atau lagi sakit, Anda harus bagan itu, tetapi tidak terhubung dengan yg lainnya. Buat catatan untuk diri sendiri tentang alasan yang mungkin untuk perbedaan tersebut.
* Jika ada dua suhu yang muncul…. pilih yang paling rendah.
* Perhatikan tabel Anda untuk pola klasik: serangkaian suhu rendah, diikuti dengan lonjakan temperatur (ovulasi), dan kemudian serangkaian suhu tinggi. Jika grafik Anda cocok dengan pola ini, Anda dapat cukup yakin bahwa hari Anda yang paling subur adalah pada atau sedikit sebelum hari paling puncak.

Sumber : http://bayidananak.com/2010/12/08/bagaimana-supaya-subur-cepat-hamil-memahami-tanda-kesuburan-anda/