Cari Artikel di Sini

Berat Badan Ideal untuk Ibu Hamil


Dok, Umur saya 27 tahun, saat ini sedang hamil 7 bulan(jika perhitungan tidak salah, hari pertama haid terakhir saya 17 Apr, dan haid saya lancar dg durasi sekitar 30-35 hari), dan saya menginjak usia 30 minggu hamil. Pada usia 28 minggu berat badan saya 52 kg. Pada usia 12 minggu berat saya 45 kg. Tinggi badan saya 165cm. Jadi saya kelihatan kurus. Tekanan darah normal berkisar 110/70-120/80 selama tes kehamilan. Bayi saya aktif bergerak. Terakhir periksa USG usia 25 minggu plasenta di bawah. Hal ini menyebabkan saya tdk berani melakukan aktifitas senam hamil. Yang saya mau tanyakan berapa berat badan yang baik utk kehamilan saya ini s/d saat melahirkan? Dan bagaimana supaya posisi plasenta tidak menutupi jalan lahir? Apakah bisa dengan pijatan oleh ahli pijat kandungan? Terimakasih atas waktunya. Armerry, 27 tahun

Jawaban:
Ananda Armerry, Plasenta letak rendah / di bawah memang lebih berdampak dapat lebih mudah mengalami pendarahan bila ada gerakan-gerakan otot dinding rahim yang bersifat otot polos tak terkontrol saat menanggapi rangsangan yang menimpanya.

Sudah bagus ananda ada pengertian dengan mengurangi aktivitas, khususnya yang dapat merangsang rahim. Dari imbangan berat badan (BB) dan tinggi badan (TB) sampai dengan saat kehamilan 28 minggu yang mencapai 52 Kg, ananda ini masih termasuk ‘langsing’! Dalam proses melahirkan yang perlu diperhatikan untuk dapat melahirkan spontan, imbangan ruang panggul kecil dan kepala bayi yang utama, berat badan untuk menjaga stamina saat mendorong bayi lahir, otot-otot kuat dan dapat dikoordinasi secara baik. Proporsi / berat bayi dapat diperhitungkan secara pemeriksaan fisik di klinik biasa dan / atau secara radiologik. Kenaikan BB sampai dengan 10 Kg dari sebelum hamil, masih cukup baik, kalau bisa lebih berat lagi. Perlu ananda perhatikan, dengan TB ananda, BB ideal sebelum ananda hamil itu harusnya 59 Kg, cobalah usahakan naikkan berat badan ananda ini dengan makan teratur dan olah raga. Satu hal lagi yang perlu ananda ingat terus, jangan coba-coba mengurut / merangsang rahim selama hamil pada umur kehamilan kapanpun itu, ini tidak baik. Kalaupun ananda khawatir akan posisi bayi dalam kandungan ananda ini, sebaiknya konsultasi saja ke dokter ahli kandungan. Dokter spesialis kandungan yang sudah ahli bisa memastikan bayi ananda berada dalam posisi dan keadaan yang semestinya pada saat kelahiran. Dan lagi, dokter spesialis kandungan itu punya alat USG yang bisa dengan tepat melihat posisi dan letak bayi dalam rahim, lain halnya dengan ahli pijat yang ananda katakan itu. Sekali lagi jangan sembarangan melakukan pemijatan, sekalipun itu dengan bantuan ahli pijat kandungan, karena pemijatan yang terlalu berlebihan bisa memberi tekanan berlebih pada bayi dan rahim ananda, malah bisa terjadi kelahiran sebelum waktunya. Demikian penjelasan kami untuk pertanyaan ananda yang berikut ini, semoga bisa membantu. MediaSehat

Sumber : http://bayidananak.com/2008/11/26/berat-badan-ideal-untuk-ibu-hamil/